Senin, 16 Agustus 2010

GANJARAN BAGI ORANG YANG BERPUASA

Berpuasa pada bulan Ramadhan adalah ibadah yang hukumnya wajib. Dibalik beratnya dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, Allah SWT telah menyiapkan ganjaran yang setimpal bagi setiap muslim yang menjalankannya.

1. Pintu Syurga dibuka, ditutup pintu neraka,......"Apabila telah tiba Ramadhan, dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup semua pintu neraka dan diikat semua syaitan." (Hadist riwayat A-Bukhari dan Muslim)

2. Diampuni segala dosanya yang lalu,........."Siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan niscaya akan diampuninya segala dosanya yang lalu." (Hadist riwayat An-Nasai'e)

3. Pahala berlipat ganda,.........."Segala amal kebajikan anak Adam itu dilipat-gandakan pahalanya kepada sepuluh hinggalah ke 700 kali ganda. Allah berfirman: 'Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku memberikan balasan kepadanya karena dia telah meninggalkan syahwat dan makan minumnya karena Aku'." (Hadist riwayat Muslim)

4. Jauh dari api neraka,......"Barang siapa yang berpuasa sehari pada jalan Allah niscaya Allah akan manjauhkan mukanya dari api neraka (sejauh perjalanan) 70 tahun." (Hadist riwayat Al-Bukhari)

5. Perisai dari siksaan,........."Puasa itu perisai yang dipergunakan seorang hamba untuk membentengi dirinya dari siksaan neraka." (Hadist riwayat Imam Ahmad)

6. Beroleh 2 (dua) kegembiraan,........"...Dan bagi orang berpuasa dua kegembiraan yaitu; apabila berbuka, dia bergembira dengan waktu berbukanya dan apabila bertemu Tuhannya, dia gembira dengan puasanya." (Hadist riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

7. Doa sangat musatajab,........."Tiga do'a yang sangat mustajab, doa orang yang berpuasa, do'a orang yang dizalimi dan orang yang musafir." (Hadist riwayat Al-Bukhari, Ahmad dan Tirmidzi)

8. Masuk dalam Syurga,......."Di dalam syurga terdapat satu pintu yang disebut Ar-Rayyan; pada hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk daripadanya (dan) tidak seorang pun selain mereka memasukinya....." (Hadist riwayat Al-Bukhari)

Tidak ada komentar: